HADIRI DAN SAKSIKAN KEMERIAHAN KIRAP SIWUR

operator 10 September 2019 13:22:46 WIB

Tahun baru Muharam telah datang lagi. Upacara adat Nguras Enceh atau Nguras Siwur akan dilaksanakan kembali oleh tim Forcibb. Kali ini acara tersebut akan berlagsung pada tanggal 26 September 2019 esok dengan start yang lebih jauh dari biasanya, yakni dimulai dari terminal baru Imogiri.

Sebelum melaksanakan nguras siwur, peserta yang berasal dari 8 desa se kecamatan Imogiri. Sebelum melaksanakan prosesi kirab nguras enceh, biasanya dengan diawali upacara yang diikuti oleh seluruh peserta dari 8 desa, baik mulai dari perangkat desa, bregodo dan beberapa OPD lainnya.

Prosesi kirab siwur sendiri dimulai dengan melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam psarean Kanjeng Sinuwun Sultan Agung Prabu Hanyoro Kusoma. Setelah prosesi ke makam, acar dilanjutkan dengan pelepasan prosesi Kirab siwur yang bertempat di Pusat kuliner wukirsari di lapangan Demi, Wukirsari, Imogiri. Dilanjutkan dengan Proesi upacara Boyong Siwur Milik kab. Juru Kunci SK, kemudian ilanjutkan dengan boyong Siwur milik kab. Puralaya YK. Setelah acara tersebut dilanjutkan dengan prosesi serah terima siwur milik Kab. Juru Kunci SK dan milik kab. Puralaya YK.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

LAGU INDONESIA RAYA

SELAMAT SIANG

SELAMAT PAGI

Lokasi Kebonagung

tampilkan dalam peta lebih besar