KEGIATAN EVALUASI KADER BALITA SE DESA KEBONAGUNG

operator 18 September 2019 11:38:30 WIB

 

RABU, 18-9-2019

 

Kegiatan pagi ini yaitu Evaluasi kegiatan kader posyandu balita di Desa Kebonagung yang dilaksanakan pagi ini di gedung pertemuan Desa Kebonagung. Narasumber dari Puskesmas Imogiri II. Acara dihadiri oleh 32 orang kader se Desa Kebonagung, dua orang dari Puskesmas Imogiri II dan dua orang dari ahli gizi. Materi disampaikan oleh Bidan Desa dadi Puskesmas Imogiri II dan dari ahli gizi.

Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan guna meningkatkan kinerja dari kader osyandu balita serta menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan posyandu balita, seperti kesehatan balita, kebutuhan  gizi dan pemenuhannya, tumbuh kembang dan fase-fasenya, serta masih banyak lagi. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengumpulan data-data kader yang dilaksanakan di setiap bulannya dan di catat oleh petugas yang menanganinya (Puskesmas Imogiri II) untuk dilakukan reka dan evaluasi.

Kader adalah warga masyarakat setempat yang dipilih dan ditinjau oleh masyarakat dan dapat bekerja secara sukarela mengelola posyandu. (Zulkifli, 2003)

 

Kader adalah pria atau wanita yang berbadan sehat jasmani dan rohani serta mau bekerja  secara sukarela mengelola posyandu (Din.kes.prov.jatim, 2006).

Kader posyandu merupakan pilar utama penggerak pembangunan khususnya di bidang kesehatan (www.purwakarta.go.id). Mereka secara swadaya dilibatkan oleh puskesmas  dalam kegiatan pelayanan kesehatan desa yang salah satunya adalah pemberian imunisasi Polio. Tanpa mereka kegiatan pelayanan kesehatan di desa tidak banyak artinya (Mardiati, 2006). Kader posyandu sebaiknya mampu menjadi pengelola posyandu, karena merekalah yang paling memahami masyarakat di wilayahnya (Dinkes.Prov. Jatim, 2006).

Kader bertugas melaksanakan penyuluhan di posyandu, salah satunya penyuluhan tentang bayi / balita mengenai jadwal pemberian imunisasi dan manfaatnya (Dinkes.Prov.Jatim, 2005). 


Persyaratan Menjadi Kader 

  1. Setiap warga desa setempat laki-laki maupun perempuan.
  2. Bisa membaca dan menulis huruf latin. 
  3. Mempunyai waktu luang. 
  4. Memiliki kemampuan. 
  5. Mau bekerja sukarela, tulus ikhlas.

 

Paket Pelayanan Minimal 

Yaitu kegiatan-kegiatan utama kader yang harus dilaksanakan oleh setiap posyandu. Kegiatan untuk bayi dan balita antara lain : 

  1. Penimbangan bulanan dan penyuluhan gizi dan kesehatan.
  2. Pemberian paket pertolongan gizi. 
  3. Imunisasi dan pemantauan kasus lumpuh layu. 
  4. Identifikasi gangguan / penyakit, pengobatan sederhana dan rujukan.  (Dinkes Prov Jatim, 2005

Sumber: http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-kader-posyandu-kesehatan.html

 

Komentar atas KEGIATAN EVALUASI KADER BALITA SE DESA KEBONAGUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

LAGU INDONESIA RAYA

SELAMAT SIANG, SELAMAT HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

SELAMAT PAGI, AWALI HARIMU DENGAN BERDO'A

Lokasi Kebonagung

tampilkan dalam peta lebih besar