PERSIAPAN GUNUNGAN UNTUK KIRAB SIWUR NGURAS ENCEH

operator 26 September 2019 11:07:05 WIB

KAMIS, 26/9/2019

Pagi ini pamong Desa Kebonagung sibuk mempersipkan membuat gunungan untuk acara siang nanti, Kirab Siwur. Di Pendopo Desa Kebonagung mereka meronce dan menyusun segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat gunungan, antara lain adalah sayuran dannbuah-buahan. Satu sama lain saling bekerjasama untuk merangkai sayuran yang akan disusun menjadi sebuah gunungan.

Gunungan selama ini sangat identik dengan upacara grebeg. Gunungan selalu menjadi bagian yang paling ditunggu masyarakat saat menyaksikan upacara grebeg diselenggarakan. Gunungan sendiri merupakan berbagai makanan hasil bumi yang disusun menyerupai sebuah gunung.

Gunungan sebenarnya menjadi sebuah simbol dari kemakmuran Keraton Yogyakarta yang akan dibagikan kepada masyarakat. Sebagian masyarakat percaya semua bagian yang terdapat pada gunungan akan membawa berkah bagi kehidupan mereka. Sehingga tidak mengherankan jika masyarakat selalu berebut untuk mendapatkan bagian dari gunungan tersebut. Bahkan tidak jarang mereka terjatuh untuk memperoleh makanan yang ada dalam gunungan.

Perebutan gunungan terjadi ketika upacara grebeg memasuki bagian penutupan. Suasana perebutan gunungan ini biasanya menjadi objek bidikan buat para fotografer yang hadir untuk mengabadikan setiap momen seru yang terjadi saat perebutan gunungan.

Belakangan, upacara grebeg dan perebutan gunungan ini menjadi salah satu objek wisata yang selalu dinantikan wisatawan asing dan domestik. Dalam satu tahun biasanya Keraton Yogyakarta menyelenggarakan tiga kali upacara grebeg yaitu Grebeg Maulud, Grebeg Syawal, dan Grebeg Besar.

Sumber: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/gunungan-hasil-bumi-si-pembawa-berkah

Komentar atas PERSIAPAN GUNUNGAN UNTUK KIRAB SIWUR NGURAS ENCEH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

LAGU INDONESIA RAYA

SELAMAT SIANG, MARI TUNAIKAN SHOLAT DHUHUR

SELAMAT PAGI, AWALI HARIMU DENGAN BERDO'A

Lokasi Kebonagung

tampilkan dalam peta lebih besar