POSYANDU LANSIA MANDIRI DUSUN KANTEN

Kebonagung 27 Desember 2018 13:36:30 WIB

KEBONAGUNG, 27/12

Pada hari Selasa tanggal 25 Desember 2018 bertempat di rumah Dukuh Kanten telah dilaksanakan Kegiatan Posyandu Lansia, yang dilaksanakan oleh kader kesehatan Dusun Kanten. Pada pelaksanan posyandu dihadiri oleh 60 orang lansia. Dengan usia rata-rata kurang lebih 60 tahun. 

Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan sekali dengan kerjasama antara kader lesehatan, Dukuh Kanten dan warga sekitar demi lancarnya kegiatan tersebut. jumlah lansia yang diperlukan untuk memenuhi pendataan Puskesmas sebanyak 50 orang dengan usia 60 tahun keatas.

Menurut Depkes RI (2003), tujuan umum dibentuknya Posyandu lansia secara garis besar untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan usia lanjut untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Sedangkan tujuan khusus pembentukan posyandu lansia antara lain :

  1. Meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya;
  2. Meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan usia lanjut;
  3. Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut;
  4. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.

 

Sasaran dan Jenis Pelayanan Kesehatan Posyandu Lansia:

Menurut Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan I Kebijaksanaan Program (Depkes RI (2000), sasaran pelaksanaan pembinaan kelompok usia lanjut dibagi menjadi dua antara lain ;

  1. Sasaran Langsung, meliputi Pra lansia (usia 45 – 59 tahun), Lansia (usia 60 – 69 tahun) dan Lansia risiko tinggi (usia > 70 tahun)
  2. Sasaran Tidak Langsung, antara lain:

a). Keluarga lansia

b). Masyarakat lingkungan lansia

c). Organisasi sosial yang peduli terhadap pembinaan kesehatan lansia;

d). Petugas kesehatan yang melayani kesehatan lansia;

e). Petugas lain yang menangani kelompok lansia;

f). Masyarakat luas

 

 SUMBER: http://www.indonesian-publichealth.com/posyandu-lansia/

 

Komentar atas POSYANDU LANSIA MANDIRI DUSUN KANTEN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License