Padukuhan Kalangan

kknuiiunit35 27 Agustus 2024 12:10:04 WIB

Wilayah Padukuhan Kalangan

Padukuhan kalangan memiliki batas wilayah selatan yakni desa sriharjo, utara yakni padukuhan Kanten, Dan Jayan, timur berbatasan dengan desa karang tengah, dan di barat berbatasan dengan padukuhan jayan dan Tlogo. Padukuhan Kalangan dikepalai oleh Bapak Sagina.

Nama tiap RT beserta ketuanya di Padukuhan Kalangan

No Nama RT Nama Ketua RT
1. RT 01 Onggopatran Bapak Mugiyo
2. RT 02 Karang Duwet Bapak Hermansyah
3. RT 03 Kalangan Bapak Slamet Sudiharjo
4. RT 04 Tonayan Bapak Sutadi
5. RT 05 Tosoran Bapak Budiman Rahmat Hidayat

Jumlah Penduduk Padukuhan Kalangan

Padukuhan Kalangan memiliki jumlah penduduk sebanyak 954 jiwa dengan 255 kepala keluarga. dengan didominasi oleh perempuan dengan jumlah 488 jiwa dan laki-laki berjumlah 466 jiwa. jadi selisih antara laki-laki dan perempuan berjumlah 22 jiwa.


Potensi Padukuhan Kalangan

Padukuhan Kalangan memiliki beberapa potensi yaitu: bentang alam persawahan yang luas, tingkat heterogenitas yang tinggi karena tidak hanya karyawan dan petani saja, namun banyak pengusaha industri rumahan yang memiliki prospek baik pada setiap produk olahannya. Industri rumahan yang ada di Padukuhan Kalangan meliputi


Bakpia pathok
Bakpia merupakan kue berbentuk bulat yang dipipihkan dan kemudian diisi oleh kacang hijau, namun ada beragam varian isian dari bakpia, makin bervariatif seperti: coklat, keju, lumpia hitam dan masih banyak lagi. Bakpia merupakan makanan khas Yogyakarta yang cocok untuk oleh-oleh, di pedukuhan Kalangan terdapat produsen bakpia yang sering menerima pesanan bakpia baik dari dalam ataupun dari luar kota. Komoditas unggulan ini bernama BAKPIA DIN-DUN.

Peyek atau rempeyek tempe
Peyek atau rempeyek merupakan gorengan adonan tepung beras kental dengan pengisi seperti kacang, udang atau ikan. Camilan satu ini punya rasa gurih renyah yang lezat. Ibu Rujinem merupakan produsen peyek di Kalangan, beliau sudah memproduksi peyek lebih dari 25 tahun lamanya. Ibu Rujinem sudah kenyang akan pengalaman membuat peyek yang membuat produknya menjadi komoditas unggulan pedukuhan Kalangan.

Jamu instan
Jamu instan merupakan komoditas unggulan pedukuhan Kalangan karena sumber daya alamnya yang melimpah. Terdapat dua produsen jamu instan yang terdapat di Kalangan, yang pertama adalah Ibu Fatimah dan yang kedua adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari Jaya pedukuhan Kalangan. Ada berbagai varian jamu diantaranya adalah Kunyit Asam, Temulawak, Kunyit Sirih, Kunyit Temulawak, jahe Kedawung dan kunci.

Keripik tempe 
Bagi para pecinta kuliner, kripik tempe Dusun Kalangan adalah surga rasa yang wajib dicoba. Perpaduan sempurna antara gurihnya tempe dan rempah-rempah pilihan menghasilkan cita rasa yang kompleks dan memanjakan lidah. Teksturnya yang renyah membuat kripik ini menjadi teman yang pas untuk bersantai atau menemani secangkir kopi.


Potensi Wisata dan Budaya Padukuhan Kalangan

Padukuhan Kalangan memiliki beberapa potensi wisata yaitu:

Sanggar seni Kendalisodo ( Wayang Kulit, Karawitan)
Wayang kulit yang berkembang di daerah Kebonagung, terutama di Padukuhan Kalangan, merupakan bagian penting dari budaya lokal yang memiliki karakteristik khas Jawa. Daerah ini dikenal dengan komunitasnya yang masih memegang teguh tradisi dan seni pertunjukan, termasuk wayang kulit.
Di Padukuhan Kalangan, wayang kulit sering kali dipertunjukkan dalam berbagai acara adat, seperti upacara ruwatan, pernikahan, dan perayaan keagamaan. Pertunjukan wayang di sini tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga berfungsi sebagai media penyebaran nilai-nilai luhur, ajaran moral, dan kearifan lokal yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Dalang yang berasal dari Padukuhan Kalangan biasanya memainkan peran sentral dalam melestarikan tradisi wayang kulit. Mereka dikenal dengan gaya pementasan yang khas, menggunakan bahasa Jawa yang sarat dengan filosofi dan simbolisme. Pertunjukan ini juga diiringi oleh gamelan, yang menambah keindahan dan suasana sakral dalam setiap pementasan.
Wayang kulit di Kebonagung, khususnya di Padukuhan Kalangan, tetap dipelihara dan dilestarikan sebagai bagian dari identitas budaya masyarakat setempat. Masyarakat di sana terus mendukung kelangsungan seni ini dengan melibatkan generasi muda untuk belajar dan terlibat dalam pertunjukan wayang, memastikan bahwa tradisi ini tetap hidup dan relevan di tengah perkembangan zaman.
Budaya karawitan di daerah Kebonagung, terutama di Padukuhan Kalangan, adalah salah satu elemen penting yang melengkapi kekayaan seni dan tradisi lokal. Karawitan merujuk pada seni gamelan dan vokal yang berkembang di Jawa, dan di daerah ini, karawitan sangat erat kaitannya dengan pertunjukan wayang kulit serta berbagai upacara adat dan kegiatan budaya lainnya.

Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License