Seni Budaya

pelayanan kebonagung 20 November 2017 13:12:17 WIB

Beberapa macam seni budaya yang ada di Desa Kebonagung antara lain; Gejog Lesung, Jatilan, Karawitan. Yang mana masing-masing kesenian tersebut mempunyai ciri khas tersendiri. Gejog Lesung dengan ciri: diperankan oleh mayoritas perempua-perempuan produktif dan aktif, mereka memainkan musik dengan cara memukul lesung atau sebuah benda yang tebuat dari sebatang pohon yang bagian atasnya dilubangi setengah atau hamir seluruhnya hingga membentuk suatu cekungan yang biasanya digunakan untuk menumbuk padi oleh orang-orang jaman dahulu.

Jatilan merupakan sebuah kesenian yang telah lama dikenal oleh masyarakat Jawa. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Jatilan berasal dari kata "Jan" yang berarti benar-benar dan "thil-thilan" yang berarti banyak gerak.Ada beberapa vesi yang mengisahkan tentang Jatilan. Versi pertama yang menceritakan tentang perjuangan Raden Patah yang dibantu oleh Sunan Kalijaga dalam melawan Belanda. Versi kedua menceritakan tentang kisah Panji Asmarabangun yang mana ia adalah putra dari Kerajaan Jenggala Manik. dengan menggambarkan Panji Asmarabangun, maka terdeskripsikanlah bahwa penampilan penari Jatilan seperti penampilan Panji Asmarabangun tersebut.

 

Komentar atas Seni Budaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License