PENERIMAAN BANTUAN ALAT PERTANIAN NURSERY TRAY

Kebonagung 16 Januari 2019 09:12:58 WIB

KEBONAGUNG, 16/01/2019

Hari senin tanggal 14 Januari 2019 bertempat di Dinas Pertanian Kabupaten Bantul telah dilakukan serah terima bantuan alat pertanian.  Bantuan alat pertanian tersebut berupa Nursery tray atau Dapok sejumlah 300 unit yang diberikan kepada ketua Gapoktan Makmur Agung, yang di terima oleh Ign. Trisharyanto. Alat ini nantinya berfungsi sebagai salah satu media untuk menyemai benih padi. Nursery tray atau dapok ini memiliki kelebihan antara lain dapat menghemat lahan untuk menyemai benih padi, yang pada umumnya proses menyemai benih padi biasanya dilakukan di area persawahan.

Dengan menggunakan Nursery tray atau dapok ini, petani akan menjadi lebih mudah untuk menyemai benih tanpa harus membuat tempat penyemaian benih di sawah terlebih dahulu. Sehingga hal ini selain menghemat lahan, juga dapat menghemat waktu dan tenaga. Setelah benih tersemai di Nursery tray atau dapok, benih yang usianya telah cukup untuk di tanam di sawah, dapat diaplikasikan dengan menggunakan alsintan akan tetapi bisa juga dengan menanamnya dengan cara manual (menggunakan sumber daya manusia).

Hal ini perlu untuk terus dikembangkan bagi petani yang ingin menerapkan sistem pertanian secara modern terutama dengan menggunakan alsintan yang mulai saat ini proses menanam padi sudah mulai diterapkan dan mengurangi tenaga manusia yang ada sebelumnya.

 

Komentar atas PENERIMAAN BANTUAN ALAT PERTANIAN NURSERY TRAY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License