MANFAAT AKTIFITAS FISIK UNTUK KESEHATAN BADAN

19 September 2019 11:40:26 WIB

KAMIS, 19-9-2019

Himbauan dri Puskesmas Imogiri II untuk setiap Pemerintahan Desa di Kecamatan Imogiri yakni dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermafaat, terutama untuk kesehatan. Hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan sangat banyak, diantaranya dengan melakukan kegiatan fisik. Beberapa macam aktifitas fisik ynag dilakukan di lingkukan kerja antara lain: kerja bakti membersihkan lingkunagn kerja, senam pagi hari seminggu sekali, latihan peregangan setelah melakukan berbagai pekerjaan dan masih banyak lagi.

Aktivitas Fisik merupakan segala sesuatu aktivitas yang menggerakkan fisik atau tubuh kita. Dari  aktivitas fisik juga memiliki manfaat yang sangat beragam dan mungkin bisa dikatakan tidak memiliki batas. Misalnya saja pada saat orang melakukan aktivitas fisik yaitu olahraga orang tersebut memiliki tujuan agar baerat badan masih bisa dijaga dengan seimbang.

Namun pada kenyataanya masih banyak orang masih merasa malas untuk melakukan olahraga. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa alasan, salah satunya ialah malas. Padahal jika dicermati dengan seksama aktivitas fisik merupakan salah satu penyehat tubuh.

Banyak orang melakukan aktivitas fisik untuk mengurangi kalori yang ada dalam tubuh dibandingkan membatasi asupan kalori yang masuk dalam tubuh. Tentu saja yang lebih efektif adalah melakukan aktivitas fisik sebagai pengurang kalori. Hal tersebut dapat dinalar dengan sebagai berikut:

Individu yang mengalami kegemukan akan berusaha mengurangi kalori tersebut sebanyak 500 kalori setiap hari. Hal tersebut akan terasa lebih ringan dan efektif ketika melakukan aktivitas fisik yang tanpa disdari mampu menghilangkan kalori tanpa lupa untuk meyehatkan seta membugarkan tubuh. Dalam melakukan aktivitas fisik banyak kalori dapat dibakar dengan intensitas yang lebih tinggi atau aktifitas fisik yang lebih panjang.

Jenis Aktivitas Fisik

  1. Aktivitas fisik harian

Jenis aktivitas yang pertama ada dalam kehidupan Anda sehari-hari. Kegiatan sehari-hari dalam mengurus rumah bisa membantu Anda untuk membakar kalori yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Seperti misalnya adalah mencuci baju, mengepel, jalan kaki, membersihkan jendela, berkebun, menyetrika, bermain dengan anak, dan sebagainya. Kalori yang terbakar bisa 50 – 200 kcal per kegiatan.

  1. Latihan fisik

Latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terstruktur dan terencana misalnya adalah jalan kaki, joggingpush up, peregangan, senam aerobik, bersepeda, dan sebagainya. Dilihat dari kegiatannya, latihan fisik memang seringkali disatukategorikan dengan olahraga.

  1. Olahraga
    Olahraga didefinisikan sebagai aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku dengan tujuan tidak hanya untuk membuat tubuh jadi lebih bugar namun juga untuk mendapatkan prestasi. Yang termasuk dalam olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, berenang, dan sebagainya.

https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kesehatan/Ayo-Bergerak-Ragam-Aktivitas-Fisik-yang-Bisa-Dilakukan-di-Kantor

 

Komentar atas MANFAAT AKTIFITAS FISIK UNTUK KESEHATAN BADAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

LAGU INDONESIA RAYA

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License