SEMANGAT PSN MESKIPUN HUJAN

Administrator 03 Desember 2021 08:42:31 WIB

Musim penghujan sperti saat ini merupakan waktu yang tepat dan mudah untuk nyamuk berkembangbiak dengan cepat. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama di sekitar tempat tinggal agar nyamuk tidak mudah berkembangbiak. Salah satunya yaitu dengan memeriksa apakah di lingkungan tempat tinggal kita terdapat sarang nyamuk atau tidak. Jika ada bisa dipastikan di sana ada pola hidup nyamuk yang mana apabila terdapat jentik-jentik nyamuk maka harus segera disingkirkan.

Pemeriksaan jentik dilakukan pada setiap tempat-tempat penampungan air yang ada yang lebih dominan dihinggapi nyamuk sebagi sarangnya. Pemeriksaan jentik dilakukan dengan mengutamakan pemberantasan pada nyamuk demam berdarah yaitu nyamuk Aedes Aeggepty. 

Mengingat bahwa demam berdarah pernah menjadi satu faktor utama penyakit yang mematikan. Sehingga perlu digalakkan pemeriksaan jentik pada tiap-tiap rumah. Nyamuk Aedes Aeggepty biasanya berkembang diberbagai penampungan air yang bersih. Biasanya pada bak mandi, tempayang, dan bekas-bekas kaleng yang ada pada daerah sekitar. (https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/14151/intervensi/56012/pemeriksaan-jentik-jentik-nyamuk-oleh-kader-jumantik)

Hari ini pemerintah Kalurahan kebonagung bersama kader ksehatan di setiap pedukuhan melakukan PSN serentak yang telah berlangsung selama beberapa waktu terakhir, mengingat masih banyak kurangnya kesadaraan warga akan pentingnya memberantas jentik nyamuk guna mencegah perkembangbiakan nyamuk, terutama nyamuk penyebabdemam berdarah. Meskipun hujan tidak menyurutkan semangat dalam menjaga kesehatan dan menyadarkan setiap warga akan pentingnya hidup bersih bebas nyamuk.

 

Komentar atas SEMANGAT PSN MESKIPUN HUJAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License